membuat animasi


pada posting kali ini kita akan membahas tentang animasi, sebelumnya apa itu animasi? Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. skrng kita mulai cara membuat animasi. aplikasi yang digunakan adalah blender.

langkah langkah nya adalah

1. buka blender terlebih dahulu dan gunakan objek Cube yang sudah ada


2.  Pilih loop cut slide untu membuat garis tengah di kubus.










33.  Masuk ke edit mode dan aktifkan 4 buah vertex samping. lihat gambar. tekan X, dan delete verteces
 

    4. Setelah itu kotak akan menjadi setengah, maka dari itu harus ditambahkan mirror dengan cara pilih object modifier di sisi kanan layar > pilih add modifier > pilih mirror. Maka akan terjadi bentuk seperti ini













5.     Setelah itu buat kotak menjadi sebuaa pinngul dengan menggunakaan extrude(tombol e) dan mengatu edge nya menjadi seperti ini


6. Miringkan bagian bawah agar dapat terbentuk kaki




 7.
Extrude lagidi bagian paha, jika sudah mencapai betis perkceili face nya aga kaki bisa terlihat proposionl
8.       Jika sudah menjadi betis seperti ini, extrid bagian depan ujung kaki tersebut. Sperti ini



    8.setelah selesai dengan kaki, buat badan dengan mengekstrude bagian perut hingga menjadi seperti ini


99.   Extrude bagian lengan seperti ini.







110   Extrude bagian lengan hingga berbentuk sperti ini, perkecil bagian face di ujung nya untukmerampingkan tangan yang tadinya berbebentuk seperti balok















1        11.   Karena kita skrng mebuat jari hari nya, maka kita tambahkan garis vertical  di permukaan lengan,. Disini kita menggunakan loop cutand slide.









12.   Karena tampilan masih kaku, kita akan membuat tampilan sedikit lebih halus dan terlihat nyata dengan memilih shading smooth dan memilih subdivisoin surface



13.   Ini adlah bentuk stelah di smoothing





14. Disini kita akan membuat tangan nya, yatu perta kita ekstrud face di permukanaan bawah pada tangan, ini berguna untuk membuat jari jarinya, disini setiap kita extrude, face nya sedikit diperkecil, untuk memperhalus bentuk jari 



15.   Jari kelingking di extrude







16  Setelah tangan jadi, maka kita skrng memebuat leher dan kepala,.




17.   Tanda 2 face untuk di extrude untuk menjadikan leher,.

18.   Leher berhasil dibuat






19.   Stelah leher berhasi  dibuat, extrude bagiian dpan leher untuk mebuat kepala, disini utnu membuat kepala stelah di ekstrude, memebentuk  kepala dengan menggerser edge sehinggabis bebentuk kepala manusia .


20.   Bentuk manusia telah jadi.



21.   Klik user preference, >addition>
Untuk measukan bone nnya kita klik add>amateur>pilih human metarig


22.   Stelah human metarig sudah muncul, gabungkan  dengan objek yang telah kita buat tadi, pastikan posisi dengan objek nya pas



23.  Klik objek dan bone nya lalu tekan CTRL+p  untuk mebuat parent


24   sekarang proses penggabungan antara tulang dengan mesh objek sudah selesai. Sekarang kita masuk ke POSE MODE.


25.   dan objek telah dapat digerakan.




26.   setelah itu kita akan mebuat kamera dan objek bergerak
pertama tama kita klik  di frame mana yang akan kita buat animasi nya



















27.   setelah itu gerakan anggota badan yang ingin digerakan lalu tekan I untuk merekam gerakan di frame dengan loc scale





29.   semua gerakan telah di rekam



3

 30.   setelah itu kita akan merender animasi agar bisa di putar di media player
pertama kita pilih icon camera yang ada di kana tampilan blender


31.   kita pilh frame rate dan masukan berapa frame rate yang akan kita gunakan. Semakin tinggi frame rate yang di gunakan, animasi yang di hasilkan akan semakin halus. Disni frame ratenya diatur menjadi 24 fps




32.  setelah itu file format nya menjadi AVI-RAW dan pilih lokasi dimana kita menyimpan animasi kita dan render animation
 

ini adalah contoh video nya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR FAKTOR PERKEMBANGAN

Pembuatan Game TankFever

5. HUKUM , NEGARA , DAN PEMERINTAH